Laman

Rabu, 22 Oktober 2014

Pisang-pisangan

Indahnya Tanaman Hias Pisang-Pisangan

Tanaman pisang-pisangan atau juga Heliconia merupakan tanaman hias khas negara tropis. Tanaman pisang-pisangan sering digunakan sebagai tanaman hias di rumah, perkantoran, restoran maupun hotel. Tanaman pisang-pisangan terutama bunga yang belum sepenuhnya mekar sering digunakan untuk rangkain bunga.

Tanaman pisang-pisangan ini terdapat 2 jenis berdasarkan rangakaian bunganya yaitu:
  • Heliconia Densiflora adalah bunga pisang-pisangan yang bentuk bunganya seperti cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan dan mudah didapat.  
  • Heliconia Rostrata adalah bunga pisang-pisangan yang bunganya merah dan kuning serta muncul menggantung seperti buah pisang.
Bunga Pisang-Pisangan ( Heliconia )
 Menanam tanaman pisang-pisangan tidak sulit karena tanaman ini cocok ditanam di dalam pot maupun di tanah, baik didalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan(outdoor). Tanaman ini bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut dengan suhu 13-30 derajat celcius. Sebagai tumbuhan khas tropis,  tanaman pisang-pisangan mudah tumbuh jika terkena sinar matahari langsung.

Pengaturan cahaya sangat diperlukan, terutama bibit yang baru ditanam. Tanaman muda hanya memerlukan cahaya sekitar 25-35 persen. Pada fase ini tanaman membutuhkan naungan sehingga kondisinya terlihat segar.

Bunga Pisang-pisangan Kuning (Heliconia)
Bunga Pisang-Pisangan ( Heliconia ) sebagai penghias pagar/tembok















Di Indonesia, Pisang-pisangan mulai populer sekitar tahun 1997. Ada beberapa jenis yang populer di sini, antara lain Heliconia bihai, Heliconia collinsiana, Heliconia caribaea, Heliconia rostrata, dan Heliconia wagneriana. Hidupnya yang berkelompok, membuat tanaman ini jadi terlihat indah jika ditanam dalam jumlah yang banyak.

Aneka Jenis Bunga Pisang-Pisangan ( Heliconia )

1 komentar: