Laman

Senin, 03 November 2014

Si Langka Bunga Mawar Hitam Halfeti

Bunga mawar hitam selama ini dianggap tidak pernah ada, karena yang selama ini terjadi adalah bunga mawar yang berwarna merah tua yang biasanya disebut dengan mawar hitam. Di daerah pedesaan Halfeti Turki telah ditemukan bunga mawar hitam yang benar-benar hitam, warnanya seperti bunga mawar yang disemprot dengan cat, padahal bunga mawar hitam ini tumbuh secara alami di daerah itu.

Tanaman bunga mawar hitam termasuk bunga musiman, mereka hanya bisa berbunga pada musim panas di desa Halfeti Turki. Pada saat musim panas kelopak bunga berwarna hitam yang benar-benar hitam, tapi berbeda pada saat musim semi karena kelopak bunga menjadi berwana merah gelap perubahan ini disebabkan karena kondisi cuaca dan tanah yang unik di daerah itu serta pH air tanah yang merupakan rembesan dari sungai Efrat.

Bunga mawar hitam dianggap sebagai symbol dari misteri, harapan, gairah, kematian dan berita buruk. Tanaman bunga mawar hitam termasuk tanaman langka yang terancam kepunahan, hal ini terjadi sejak penduduk desa pindah akibat luapan air dari sungai Elfrat yang merendam desa saat pembangunan Dam Birecik. Saat perpindahan itu tanaman bunga mawar hitam tidak dapat tumbuh dengan baik di daerah yang baru yang berjarak 10 km dari desa Halfeti yang terendam.
Saat ini mulai dilakukan penyelamatan tanaman bunga mawar hitam, dengan menanam kembali didaerah dekat dengan lingkungan aslinya di rumah kaca. Usaha ini mulai membuahkan hasil sehingga kita masih bisa melihat bunga mawar hitam musim panas di Turki.


1 komentar:

  1. Bisa pesan gag min mawarnya? Btw bisa tumbuh gag ya di Indonesia?

    BalasHapus