Laman

Senin, 10 November 2014

Harumnya Bunga melati Belanda (combretum indicum)

Tanaman Hias yang memiliki nama latin combretum indicum adalah tanaman yang dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Asia sehingga memiliki banyak sebutan atau nama seperti honeysuckle atau Rangoon creeper di Cina, Quiscual (Spanyol) dan disebut bunga melati Belanda di Indonesia.
Tanaman ini dapat tumbuh merambat yang mencapai 2,5 meter – 8 meter dan memiliki bunga yang harum seperti bunga melati. Warna bunganya bervariasi ada yang berwarna putih, merah, merah muda dan ungu. 

Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot :

1.       Pilih pot yang sesuai dengan tanaman yang akan kita tanam, dan pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana pot itu diletakkan. Diperhatikan juga lubang drainase yang cukup jika pot dan media tanam telah dipersiapkan.
2.       Taruh pecahan batu merah atau kerikil untuk mengikat atau menyaring air di dasar pot.
3.       Campuran media tanam bisa menggunakan pasir, tanah, pupuk kandang atau arang sekam dengan perbandingan 1:1:1
4.       Bibit yang sudah disiapkan kemudian ditaruh didalam pot dan ditutup dengan media tanam yang sudah disiapkan tadi, sisakan 2 cm dari bibir pot agar mudah melakukan penyiraman.
5.       Tekan perlahan-lahan agar dapat berdiri dengan baik, kemudian siram dengan air secukupnya. Bersihkan bagian luar dan dasar pot sebelum dipindah ketempat yang diinginkan.
6.       Perhatikan dengan baik batang pohonnya agar tidak tertekuk karena jika tidak maka tanaman akan mudah mati. 

2 komentar:

  1. baguusss yha... kemarin liat di rumah teman... wangi sekali...
    katanya bisa diperbanyak dg stek.. apa benar ?

    BalasHapus