Laman

Sabtu, 24 Mei 2014

Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)


Tanaman Hias Pembunuh Belatung & Pengusir Nyamuk

Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)
Nama latin : Tagetes Erecta L., famili dari Compositae (Asteraceac).

Nama lainnya :
( Indonesia ) Bunga Tahi Kotok, Bunga Tahi Ayam, Kembang Tai kotok
( French ) Oeillet d’inde
( English ) Marigold
( China ) Ades, Afrikaantjes, Wan shou ju .              

Disebut dengan Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)  karena tanaman ini memiliki aroma bunga yang tidak enak. Ciri lain dari tanaman ini adalah batang tegak dengan tinggi 60 – 70cm, bunga berbentuk bonggol yang dikeliling daun pelindung, warna bunga kuning atau orange, buah keras, bentuk garis dan berwarna hitam. Bunga Tahi kotok sering ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik ditempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung serta udara yang lembab.



Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)
Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.) dapat digunakan untuk membunuh belatung pada tanaman. Caranya, gilingan bunga (3g) sampai halus, lalu tambahkan satu liter air. Saring dan siap digunakan untuk menyemprot tanaman.

Manfaat lain Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.) adalah bau tak sedap yang muncul sangat dibenci nyamuk. Bukan hanya nyamuk yang menghindar, tetapi juga serangga lainnya. Di lahan-lahan pertanian, tahi kotok kerap ditanam berselang-seling dengan tanaman sayur untuk menolak serangan hama. Zat terthienyl yang terdapat dalam tahi kotok akan menghambat kerja berbagai enzim yang ada dalam tubuh larva nyamuk. Zat lain dalam akar tahi kotok pun mampu membasmi jentik nyamuk dengan cara menghambat kerja enzim dalam tubuh nyamuk.

Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)


Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)

Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)



Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)  sering juga digunakan pada acara pernikahan di India atau upacara-upacara keagamaan umuat Hindu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar