Laman

Sabtu, 21 Juni 2014

Aneka Jenis Rumput

Memilih dan Merawat Rumput Untuk Taman


Ada beberapa macam jenis rumput yang memperhias taman memerlukan perawatan yang berbeda. Dibawah ini jenis rumput yang biasa digunakan di taman :



Rumput Golf / Babat

Rumput Golf/Babat
Rumput Golf secara tekstur mempunyai gerumbul yang sangat lembut dan merupakan jenis rumput yang paling sulit dari segi perawatan karena membutuhkan penyinaran matahari yang cukup dan tidak boleh terlalu sering di injak. Rumput jenis ini memiliki ukuran tumbuh vertical yang paling pendek dari jenis rumput lainnya, perawatan pada rumput jenis ini sebaiknya memotongnya minimal 2 minggu sekali. 



Rumput Peking
Rumput Peking.
 Jenis rumput ini tidak memerlukan pemakasan secara berkala (sebulan–sekali) karena pertumbuhannya yang sangat lambat. Bentuk Rumput Peking hampir mirip dengan rumput Swiss tapi tekturnya lebih kasar, atau mirip dengan rumput Jepang tapi dengan daun yang lebih jarang




Rumput Swiss
Rumput Swiss. 
Jenis rumput ini sangat memerlukan  pencahayaan matahari yang penuh minimal 80% dan pemakasan secara berkala (sebulan–sekali) agar rumput tetap bagus. Bentuk Rumput Swiss memiliki tektur yang paling bagus dan halus dari semua jenis rumput dan memiliki harga yang paling mahal diantara jenis rumput yang lain 



Rumput Gajah



Rumput Gajah Biasa. 
Jenis rumput ini dari segi penampilan kurang bagus, tekturnya kasar karena memiliki ukuran helai daun yang besar dan kasar. Agar penampilan rumput ini bagus harus melalukan pemangkasan minimal 2 minggu sekali agar menjadi rapi. Rumput Gajah merupakan jenis rumput yang tahan banting karena tahan injakan dan keistimewaan lainnya adalah kelangsungan pertumbuhannya tidak terlalu tergantung dari air dan harganya yang murah.


Rumput Gajah Mini Variegata.
Jenis Rumput  Gajah Mini Variegata merupakan varian rumput gajah yang unik dari tampilan, tektur dan karakteristik. Ciri-ciri Rumput Gajah Mini Variegata memiliki ciri-ciri yang mirip atau hampir sama dengan rumput gajah mini hanya beda warna daun yang ada percampuran warna putih pada helai daunnya.
 


Rumput Gajah Mini
Rumput Gajah Mini. 
Jenis Rumput  Gajah Mini merupakan rumput yang paling mudah perawatannya, karena bisa tumbuh di tempat yang sedikit terkena sinar matahari sehingga cocok ditanaman dibawah pohon yang rindang dan pertumbuhannya yang tidak terlalu cepat  sehingga untuk perawatan dapat dilalukan pemotongan sekitar 1 atau 2 kali dalam satu bulan.



Rumput Jepang
Rumput Jepang. 
Tekstur Rumput  Jepang sangat mirip dengan Rumput Peking, perbedaannya pada kerapatan tumbuh kembangnya daun yang lebih jarang. Perawatan rumput Jepang sangat mudah karena pertumbuhan Rumput Jepang relative lambat sehingga tidak memerlukan pemekasan secara berkala dengan jadwal  tertentu dan harga rumput Jepang yang tidak terlalu mahal
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar