Laman

Minggu, 12 Oktober 2014

Bunga Adelweis

Bunga Keabadian Cinta

Bunga Adelweis hanya dapat tumbuh di daerah pegunungan, bunga ini memiliki mitos yang dipercaya banyak orang sebagai bunga keabadian cinta. Bagi seseorang yang memberikan bunga adelweis  kepada pasangannya, maka cintanya akan abadi. Tidak sedikit para pencinta yang menjadikan bunga abadi ini menjadi salah satu hadiah spesial bagi pasangannya. Konon, hal itu dimaksudkan agar cintanya abadi.

Edelweis (kadang ditulis eidelweis) atau Edelweis Jawa (Javanese edelweiss) juga dikenal sebagai Bunga Abadi yang mempunyai nama latin Anaphalis javanica, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Indonesia. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian maksimal 8 m dengan batang mencapai sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 m.

Bunga Adelweis
Biasanya tanaman bunga adelweish berada pada puncak-puncak ataupun lereng-lereng gunung, sehingga sulit untuk mengapainya. Bunga ini memang awet ngga gampang layu walaupun sudah dipetik. Bunga Adelwies tidak terlalu indah jika dipetik tapi akan sangat indah jika berada ditempat aslinya dilereng gunung, karena hamparan adelwies di pegunungan akan membuat kita merasa kedamain dan keagungan Tuhan. 

Pertumbuhan bunga adelweis tergolong cepat, walau hanya memiliki tinggi 1 meter, akan menghasilkan bunga - bunga generatif yang melimpah. Di daerah yang sama sekali tidak terusik, seperti pegunungan, Edelweis mampu tumbuh hingga 8 m dan dengan batang yang kokoh.

Dari kajian ekologis, bunga adelweis memiliki peran sebagai pioner dalam revegetasi dan suksesi. Menjadi tanaman pertama yang tumbuh dan menghasilkan unsur - unsur hara sebagai media tumbuh tanaman lain. Selain tanaman perintis, Adelwies menjadi “cover corp” atau tanaman penutup yang mempu menahan hempasan air hujan dan laju permukaan, sehingga meminimalkan resiko erosi.

Disisi lain, banyak serangga yang hidup didalam bunga untuk sekedar menghisap nektar atau berlindung didalam rimbunya dedaunan.

Di lokasi yang bukan habitat aslinya, adelweis akan mengalami gangguan pertumbuhan. Di lokasi tersebut, Edelwesi terlihat dengan daun dan bunga yang tak serimbun di pegunungan, dan terkesan kurus. Namun adanya pembatas faktor lingkungan tak menghalangi adelweis untuk tetap hidup, yakni dengan beradaptasi walau dengan pertumbuhan yang tidak normal.


Hamparan Tanaman Bunga Adelweis




Tidak ada komentar:

Posting Komentar