Laman

Selasa, 01 Maret 2016

Tanaman Akar Wangi

Akar Wangi Tanaman Banyak Manfaat


Tanaman Akar Wangi, di Indonesia disebut demikian juga memiliki nama lain yaitu Vetiveria zizanioides atau dikenal juga dengan Vetiver,  merupakan tanaman asli India yang dimana dinegara asalnya di daerah barat dan utara India dikenal dengan nama tanaman Khus. Tanaman ini dibawa oleh pedagang dari India dan disebarkan ke bumi nusantara ini, bahkan saat ini Indonesia termasuk salah satu produsen tanaman Akar Wangi di dunia.

Tanaman Akar Wangi atau rumput Vetiver dibudidayakan karena tanaman ini memiliki banyak manfaat seperti  membantu menstabilkan tanah dan meindungi terhadap erosi, juga dapat melindungi tanaman lainnya dari  hama dan gulma, tanaman ini dapat dijadikan pakan ternak, akar dari tanaman akar wangi di ekstrak menjadi minyak dan digunakan untuk kosmetik, aromatherapy dan perawatan kulit, karena sifat tanaman akar wangi yang berserat, tanaman ini juga dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan tali dan banyak lagi.


Tanaman Akar wangi di habitatnya
Kandungan tanaman Akar Wangi memiliki banyak kandungan minyak atsiri, hars, zat pahit, vetiverin, vetiveron, veton dan vetivazulen dimana zat-zat tersebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti penyakit rematik, pegal linu, encok, luka bekas gigitan ular, luka bekas gigitan kalajengking, luka bekas gigitan tawon dan juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Pada habitatnya tanaman akar wangi seperti rumput liar, tapi saat ini banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias. Karena diharapkan dengan menanam tanaman akar wangi dapat mengusir bau-bau dan asap dilingkungan sekitar rumah yang tidak sedap secara alami. Sebahai tanaman hias tanaman akar wangi biasanya ditanam didalam pot dengan media tanam tanah dan humus. Tanaman akar wangi sangat membutuhkan sinar matahari sepanjang hari, tanaman ini dapat tumbuh didataran rendah sampai tinggi, untuk perawatan cukup lakukan penyiraman sehari 1x.



Ingin memiliki tanaman akar wangi? Bagi para penggemar tanaman hias yang ingin menambah koleksi tanamannya di rumah dengan aneka tanaman bunga cantik, tanaman buah atau tanaman indoor lainnya yang unik dan langka dengan mudah silahkan kunjungi TanamanHias.pasarbali.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar